Welcome to student

disediakan bagi siswa / mahasiswa yang kesulitan mencari bahan-bahan mata pelajaran / mata kuliah biza mencari pada blog ini....
GOOD LUCK !!!

Rabu, 22 Juni 2011

Penilaian pendidikan

Penilaian pendidikan

Penilaian pendidikan adalah kegiatan menilai yang terjadi dalam kegiatan pendidikan. Untuk membatasi masalah, maka dalam buku ini hanya akan dibicarakan penilaian disekolah
Jika digambambarkan dalam bentuk diagram akan teerlihat sebagai berikut:
Ø  Input:
Adalah bahan mentah yang dimasukan kedalam transformasi .
Ø  Output:
Adalah bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi.
Ø  Transformasi:
Adalah mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi.
Unsure-unsur transformasi sekolah tersebut antara lain:
a.      Guru dan personal lainnya
b.      Bahan pelajaran
c.       Metode mengajar dan system evaluasi
d.      Sarana penunjang
e.      System administrasi
Ø  Umpan balik: ( feed back )
Adalah segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi.

Fungsi evaluasi input:
a.      Untuk penempatan
b.      Untuk mengukur kesiapan
c.       Untuk seleksi
Fungsi evaluasi proses:
a.      Untuk mengontrol kwalitas/kompetensi
b.      Untuk memotivasi siswa
c.       Untuk mendiagnosis
Fungsi output:[1]


a.      Untuk menilai ketercapaian kompetensi
fungsi evaluasi secara umum:
1.      Klasifikasi berdasarkan fungsi evaluasi:
a.      Psikologik, evaluasi dapat dipakai sebagai kerangka acuan kemana dia harus bergerak menuju tujuan pendidikan,
b.      Didaktik/instruksional, tujuan evaluasi memotivasi belajar kepada peserta didik, memberikan pertimbangan dalam menentukan bahan pengajaran dan metode mengajar serta dalam rangka mengadakan bimbingan-bimbingan secara khusus kepada peserta didik,
c.        Administrative/manajerial, bertujuan untuk pengisian buku rapor, menentukan indeks prestasi, pengisian STTB, dan tentang ketentuan kenaikan siswa.
d.      Penilaian berfungsi selektif
e.      Penilaian berfungsi diagnostic
f.        Penilaian berfungsi sebagai penempatan
g.      Penilaian berfungsi sebagai pengukur keberhasilan

2.      Klasifikasi berdasarkan keputusan pendidikan, tujuan evaluasi dapat digunakan untuk mengambil;
a.      Keputusan individual;
b.      Keputusan institusional;
c.       Keputusan didaktik instruksional; dan
d.      Keputusan-keputusan penelitian
3.      Klasifikasi Formatif dan Sumatif
a.      Evaluasi Formatif diperlukan untuk mendaoatkan umpan-balik guna menyempurnakan perbaikan proses belajar mengajar, dan
b.      Evaluasi Sumatif berfungsi untuk mengukur keberhasilan seluruh program pendidikan yang dilaksanakan pada akhir pelaksanaan proses belajar mengajar
4.      Fungsi evaluasi pendidikan bagi guru, adalah untuk:
1.      Mengetahui kemajuan belajar peserta didik;
2.      Mengetahui kedudukan masing-masing individu peserta didik dalam kelompoknya;
3.      Mengetahui kelemahan-kelemahan dan cara belajar dalam PBM;
4.      Memperbaiki proses belajar mengajar, dan
5.      Menentukan kelulusan peserta didik.
5.      Bagi peserta didik, evaluasi pendidikan berfungsi:
1.      Mengetahui kemampuan dan hasil belajar;[2]
2.      Memperbaiki cara belajar, dan
3.      Menumbuhkan motifasi dalam belajar.


6.      Bagi sekolah, evaluasi pendidikan berfungsi:
1.      Mengukur mutu hasil pendidikn;
2.      Mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah;
3.      Membuat keputusan kepada peserta didik, dan
4.      Mengadakan perbaikan kurikulum.
7.      Bagi orang tua peserta didik,fungsi evaluasi pendidikan adalah untuk
1.      Mengetahui hasil belajar anaknya;
2.      Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan kepada anaknya dalam usaha belajar; dan
3.      Mengarahkan pengarahan jurusan, atau jenis sekolah pendidikan lanjut bagi anaknya.
8.      Adapun fungsi evaluasi pendidikan bagi masyarakat dan pemakai jasa pendidikan, adalah untuk:
1.      Mengetahui kemajuan sekolah;
2.      Ikut mengadakan kritik dan saran perbaikan bagi kurikulum pendidikan pada sekolah tersebut, dan
3.      Lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usahanya membantu lembaga pendidikan.[3]

[1] Anas sudijono 1996, evaluasi pendidikan, Jakarta; raja grapindo
[2] Hamalik oemar, evaluasi kurikulum, bandung; remaja rosdakarya
[3] Arikunto suharsimi, dasar-dasar evaluasi pendidikan, Yogyakarta; bumi aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

photo's paintiNg

photo's paintiNg